terça-feira, 28 de maio de 2024

Apa Filosofi Negara Indonesia

Table of Contents [Show]

    Apa Filosofi Negara Indonesia Video


    Apa Filosofi Negara Indonesia

    Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia. Pancasila terdiri dari lima sila yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

    Pancasila berfungsi sebagai dasar negara, ideologi negara, sumber hukum negara, dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

    Tujuan Pancasila adalah untuk mewujudkan negara yang adil, makmur, dan bermartabat.

    Sila pertama menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sila ini menjamin kebebasan beragama bagi setiap warga negara.

    Sila kedua menyatakan bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan persamaan derajat. Sila ini juga menjamin hak asasi manusia bagi setiap warga negara.

    Sila ketiga menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah satu bangsa yang bulat dan bersatu. Sila ini juga menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

    Sila keempat menyatakan bahwa kedaulatan rakyat dilaksanakan sepenuhnya oleh rakyat, dan oleh wakil-wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat secara demokratis.

    Sila kelima menyatakan bahwa negara Indonesia bertujuan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila ini menjamin kesejahteraan sosial bagi setiap warga negara.

    Pancasila merupakan dasar negara yang penting bagi Indonesia. Pancasila menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia harus memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

    Apa Filosofi Negara Indonesia.

    Apa Filosofi Negara Indonesia,



    www.liputan6 › citizen6 › readKetahui Makna, Fungsi, Serta Filosofi Pancasila Sebagai Dasar ...

    Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sangat penting untuk dipahami oleh seluruh masyarakat dari berbagai golongan. mengapa sangat penting bagi kita untuk memahami makna, filosofi, fungsi tujuannya. .


    .


    .


    .


    .


    .


    .


    nasional.kompas › read › 2022/04/01Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa - KOMPAS

    Bangsa Indonesia tidak dapat dipisahkan dari Pancasila. Lima sila yang dirumuskan oleh para founding fathers setelah mendapatkan kemerdekaan. Pancasila mengandung banyak nilai makna bagi Indonesia. Salah satunya sebagai falsafah hidup bangsa. .


    .


    .


    id.wikipedia › wiki › Filsafat_IndonesiaFilsafat Indonesia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia ...

    Filsafat Indonesia adalah sebutan umum untuk tradisi kefilsafatan yang dilakukan oleh penduduk yang mendiami wilayah Indonesia. Filsafat Indonesia diungkap dalam berbagai bahasa yang hidup masih dituturkan Indonesia (sekitar bahasa) 'bahasa persatuan' Bahasa Indonesia, meliputi aneka mazhab pemikiran yang menerima pengaruh Timur Barat, disamping tema-tema filosofisnya yang asli. .


    .


    www.liputan6 › news › readMengetahui Makna, Fungsi, Serta Filosofi Sila-Sila Pancasila

    Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sangat penting untuk dipahami oleh seluruh masyarakat dari berbagai golongan. mengapa sangat penting bagi kita untuk memahami makna, filosofi, fungsi tujuannya. .


    .


    .


    tirto › 4-landasan-pendidikan-pancasila4 Landasan Pendidikan Pancasila: Historis hingga Filosofis

    Menurut catatan Fahri Yusuf dalam makalah "Landasan Pendidikan Pancasila2013Pancasila adalah kesepakatan filosofis serta politis dalam pendirian negara Indonesia. .


    .


    tirto › pengertian-pancasila-sebagai-sistemPengertian Pancasila Sebagai Sistem Filsafat, Makna ...

    Pancasila sebagai sistem filsafat dapat dimaknai sebagai hasil pemikiran manusia Indonesia secara mendalam, sistematis, menyeluruh tentang kenyataan. Maka, sebagai sistem filsafat, Pancasila berarti refleksi kritis rasional sebagai dasar negara kenyataan budaya bangsa dengan tujuan mendapatkan pokok-pokok pengertiannya yang mendasar ... .


    kumparan › kabar-harian › memahami-dasarMemahami Dasar Filsafat Negara Indonesia dan Karakteristiknya

    Sebelum membahas mengenai Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia, penting untuk mengetahui yang dimaksud filsafat. Mengutip buku Pendidikan Filsafat Pancasila oleh Gianto (2019filsafat bisa diartikan sebagai berpikir secara mendalam untuk mencari kebenaran atas segala sesuatu. .

    See Also

    0 comentários:

    Postar um comentário